Saat bekerja ada disaat-saat tertentu kita mengalami kejenuhan bahkan malas untuk berangkat kerja. Semua itu wajar, akan tetapi kalau tidak cepat diatasi akan menjadi masalah untuk Anda dan pekerjaan Anda, apalgi untuk pekerjaan yang menyangkut jasa seperti pengajar.
Berikut ini ada beberapa tips yang dapat mengatasi kejenuhan pada saat bekerja:  

1. Cari tahu penyebab rasa jenuh tersebut
Penyebab rasa jenuh bisa datang dari dalam diri maupun dari lingkungan di sekitar. Jika rasa jenuh itu berasal dari dirimu, mulailah membangun sugesti positif terhadap bidang pekerjaan dan tugas-tugas yang diberikan kepadamu. Bersyukur atas pekerjaan yang kamu terima sebab banyak orang yang menginginkan pekerjaan namun tidak mendapatkannya. Namun, jika kejenuhan ini berasal dari faktor lingkungan, misalnya rekan kerja atau atasan yang tidak bersahabat dapat kamu jadikan tantangan untuk memberikan hasil kerja yang baik sehingga nantinya mereka justru merasa segan.  

2. Bercanda dengan rekan kerja

Banyak kantor yang suasananya terlalu tenang dan sunyi. Agar suasana kantor lebih menyenangkan, ajaklah rekan kerja untuk bercanda dan berbagi cerita lucu. Suasana yang menyenangkan akan menghindari stres dan dapat mendekatkan rekan kerja satu sama lain.  

3. Hindari lembur
Bekerja dengan waktu yang panjang, membuat karyawan menjadi bosan dan jenuh akan pekerjaannya. Maka dari itu, hindarilah lembur. Agar suasana hati keesokan paginya lebih bahagia menjalani rutinitas pekerjaan.  

4. Coffee break
Istirahat sejenak dengan minum kopi atau berjalan-jalan di area kantor dapat mengembalikan semangat kerja. Jika Anda sudah sangat lelah atau mengantuk di tengah hari, tak ada salahnya mengambil waktu untuk beristirahat sejenak.  

5. Berpikir positif
Semakin Anda berpikir positif, maka semakin Anda enjoy menjalani pekerjaan. Jika Anda jenuh dengan pekerjaan, maka pikirkan hal-hal menyenangkan seperti sahabat atau kekasih.

 6. Tantangan baru
Bad mood terjadi karena pekerjaan dan rutinitas yang membosankan. Untuk mendapatkan suasana baru yang lebih fresh, coba hal-hal baru yang lebih menantang dari pekerjaan Anda.

Semoga bermanfaat... :)