Selamat datang para siswa SMAN 5 Cimahi..! :)

Untuk Kelas X-5 dan X-3 minggu ini kita akan mempelajari tentang pembiasan cahaya pada lensa cekung dan lensa cembung.. Dan untuk X-6 kita akan mempelajari BAB SUHU DAN KALOR

Sebelumnya kalian diharuskan membaca dan mempelajari materi tersebut agar pada saat di kelas kita mendapatkan materi yang lebih mantap dan apabila dalam materi tersebut terdapat kesulitan atau ada pertanyaan dapat kita diskusikan di kelas. OK?Ready? :)

  •  PEMBIASAN CAHAYA PADA LENSA
Materi pembiasan cahaya pada lensa cembung bisa kalian buka dengan mengklik link dibawah ini : 

Di link tersebut  hanya dibahas tentang lensa cembung, dan untuk lensa cekung kalian bisa search lagi di abah google ya.. ^^





  • SUHU DAN KALOR
Sebelumnya kita membahas kalor, tentu saja kita akan membahas konsep Suhu dulu.

KONSEP SUHU
Kalian pernah menyentuh es? wah, jangankan menyentuh, kalau lagi gerah, langsung disikat…. rasanya nikmat. Tubuh serasa sejuk. Tapi kalau pas lagi musim hujan, apalagi udaranya juga dingin, kalian masih mau minum es tidak ? he… kalau udaranya lagi sejuk, lebih asyik minum minuman yang hangat. Lebih nikmat, soalnya tubuh serasa lebih hangat. Kalau di rumah punya kulkas, coba buka kulkas… masukan tangan ke dalam kulkas alias lemari es. Rasanya bagaimanakah ? iihhh, tangan nyaris membeku. Atau kalau mau iseng, coba sentuh air yang mendidih… awas tangannya melepuh. Ketika dirimu memasukkan tangan ke dalam kulkas, tangan terasa dingin. Ketika menyentuh air mendidih, tangan terasa panas. Panas, dingin, sejuk, hangat dkk tuh sebenarnya apa sich ?

Konsep suhu alias temperatur sebenarnya berawal dari rasa panas dan dingin yang dialami oleh indera peraba kita. Berdasarkan apa yang dirasakan oleh indera peraba, kita bisa mengatakan suatu benda lebih panas dari benda yang lain. Atau suatu benda lebih dingin dari benda lain. Ukuran panas atau dinginnya suatu benda ini dikenal dengan julukan suhu alias temperatur. Benda yang terasa panas biasanya memiliki suhu yang lebih tinggi. Sebaliknya, benda yang terasa dingin memiliki suhu yang lebih rendah. Semakin dingin suatu benda, semakin rendah suhunya. Sebaliknya, semakin panas suatu benda, semakin tinggi suhunya.

Akan tetapi indera peraba kita memiliki keterbatasan dalam menentukan ukuran panas atau dinginnya suatu benda. Karena indera peraba dkk bisa membuat kita terkecoh, maka kita membutuhkan suatu alat yang bisa digunakan untuk mengukur suhu secara tepat. Alat pengukur suhu yang dimaksud adalah si termometer. Btw, sebelum jalan-jalan bersama termometer, terlebih dahulu kita pahami konsep keseimbangan termal dan hukum ke-nol termodinamika.




KESETIMBANGAN TERMAL
Jika kita ingin memperoleh air hangat, kita bisa mencampur air panas dengan air dingin. Kita bisa mengatakan air panas memiliki suhu tinggi sedangkan air dingin memiliki suhu yang lebih rendah. Setelah dicampur, perlahan-lahan air panas menjadi dingin (suhu air panas menurun), sebaliknya air dingin menjadi hangat (suhu air dingin meningkat). Beberapa saat kemudian, campuran air panas dan air dingin berubah menjadi air hangat. Adanya air hangat menunjukkan bahwa suhu campuran air panas dan air dingin telah sama. Ketika campuran air panas dan air dingin mencapai suhu yang sama, keduanya dikatakan berada dalam keseimbangan termal.

Masih banyak contoh lain. Seandainya kalian punya koleksi kulkas di rumah, silahkan buka pintu kulkas dan masukan tanganmu ke dalam kulkas tersebut. Tanganmu akan terasa dingin… Sebaiknya tarik tanganmu dari dalam kulkas sebelum terjadi keseimbangan termal dan darah akan membeku ;) hiks2…. Contoh lain dipikirkan sendiri ya….. masih sangat buanyak……


Hukum Ke-nol Termodinamika
Sejauh ini kita baru meninjau keseimbangan termal yang dialami oleh dua benda yang bersentuhan. Untuk memahami konsep keseimbangan termal secara lebih mendalam, mari kita tinjau 3 benda (sebut saja benda A, benda B dan benda C). Benda C bisa dianggap sebagai termometer. Misalnya benda A dan benda B tidak saling bersentuhan, tetapi benda A dan benda B bersentuhan dengan benda C. Amati gambar di bawah…

Karena bersentuhan, maka setelah beberapa saat benda A dan benda C berada dalam keseimbangan termal. Demikian juga benda B dan benda C berada dalam keseimbangan termal. Btw, apakah benda A dan benda B yang tidak saling bersentuhan juga berada dalam keseimbangan termal ?
Kalau cuma main logika, kita bisa mengatakan bahwa benda A dan benda B juga berada dalam keseimbangan termal, sekalipun keduanya tidak bersentuhan. Benda A dan benda C berada dalam keseimbangan termal, berarti suhu benda A = suhu benda C. Benda B dan benda C juga berada dalam keseimbangan termal (suhu benda B = suhu benda C). Karena A = C dan B = C, maka A = B.
Berhubung ini bukan permainan logika atau tebak2an, maka perlu dibuktikan melalui percobaan. Dirimu tidak perlu repot2 membuat percobaan karena om dan tante ilmuwan yang sudah pensiun di alam baka telah melakukan percobaan. Berdasarkan hasil percobaan, ternyata benda A dan benda B juga berada dalam keseimbangan termal. Dalam hal ini, suhu benda A = suhu benda B. Jadi walaupun benda A dan benda B tidak bersentuhan, tapi karena keduanya bersentuhan dengan benda C, maka benda A dan benda B juga ikut2an berada dalam keseimbangan termal. Hal ini disimpulkan dalam sebaris kalimat indah di bawah ini :
Jika dua benda berada dalam keseimbangan termal dengan benda ketiga, maka ketiga benda tersebut berada dalam keseimbangan termal satu sama lain.
Ini adalah hukum ke-0 termodinamika.



Catatan: 
    1. Pembahasan di link tersebut boleh di print dan dibawa ke kelas untuk kita diskusikan bersama.
    2. Untuk para siswa diharapkan mengisi pada kolom "komentar" dibawah agar ibu bisa tahu siapa saja yang telah membaca dan mempelajari materi diatas tadi. Ketik nama dan kelas.
    3. Untuk kelas X-3 karena tanggal 5 libur maka ditugaskan untuk belajar dirumah
    4. Karena tanggal 7-12 Maret ada UAS, maka kelas X-6, X-5, dan X-3 ditugaskan dirumah mengisi LKS pada halaman 15 no 1-4, dan halaman 23 "Pekerjaan Rumah" no. 1-5 uraian. (Kerjakan dibuku latihan masing2 untuk dikumpulkan tanggal 18 dan 19 Maret) 
    5. Apabila ada yang perlu untuk ditanyakan bisa hubungi ibu ke blog ini atau ke FB ibu


       SELAMAT BELAJAR...Sampai bertemu dikelas. :)


      Sumber: http://fisikasma-online.blogspot.com